Monday, December 22, 2008

Pelajaran yang Baik


click deh. seriously, this is one is stupid :D

Memang ada sebagian orangtua yang mengajarkan sesuatu kepada anak2nya dengan caranya masing-masing. Masih ada yang pake adat lama, yang selalu dibilangin pamali ini bumali itu. Ada yang pake asas reverse psychology. Ada yang pake kombinasi dari semua hal itu dan melihat2 mana yang paling bekerja buat si anak. Dan, tentunya pasti masih ada juga orangtua yang membiarkan anaknya melakukan apa yang si anak mauin. Dan juga, walaupun jarang , mungkin masih ada yang pake kekerasan. Gw sih udah jarang banget nemu kalo yang terakhir itu.

Di kasus gw, keliatanny emak gw memakai pendekatan reverse psychology. Kejadiannya udah lama banget. Cuma waktu gw baca Calvin and Hobbes itu, memori gw jadi mundur ke tahun 2001an kalo gw g salah inget.

Berawal dari liburan keluarga di Batu, Malang sama keluarga besar nyewa 1 villa deket Selecta. Keluarga berjumlah lebih dari +/- 15 orang dengan 4 KK. Informasi kurang penting. Malam di Batu gak mungkin dilewatkan tanpa bakar2an. Bakar ayam, bakar ikan, bakar udang, bakar sampah, bakar rumah, bakar orang... oh, gw kelebihan ya?

Kemudian pastinya setelah makan malam bakar2an, acara dilanjutkan dgn kongkow2. FYI, sodara yang gw mksd disini adalah para paklik dan bulik gw, bukan para sepupu2 gw yang notabene kelakuannya pada cupu semua. Kalo ga yang diem, pada sembunyi di balik PS ato buku2 komik yang dibawa dari rumah (maafkan aku, sepupu2ku :)

Cerita yang mengalir pada bikin ngakak. Gw berasa berada nonton ludrukan live! Oh, I love Jawa Timuran language!
Lucu mendengar cerita para paklik dan bulik gw (semua datang dari sisi emak gw) yang ternyata childhood-nya pada nakal2. Termasuk juga emak gw! Tp tentunya saat itu gada narkoba. Mungkin ada, tapi keliatannya belum se-booming skrg.

Yang jelas, seluruh pria yang gabung di ludrukan dadakan itu pada ngerokok. Dan emak gw, yang entah mungkin sedang dirasuki oleh jin masa lalunya, rokok yang tergelatak asal2an di lantai dinyalain sebatang terus diisep dengan natural.

How do I react? Tambah ngakak sejadi-jadinya. Gw udah sering denger kebengalan emak gw tp melihat living proof beda kasus. Gw pikir gw bakal shock or something like that. Gw ngakak adalah reaksi yang gak gw perkirakan. Kemudian... emakku tersayang menyodorkan rokoknya ke gw. Gw langsung terkekeh rikuh.

NOTE: Gw pemegang teguh prinsip bahwa rokok itu stinks! The smell, the effect, the commercial yg selalu keren2, the smell... eh, itu udah y? Pokoknya rokok itu stinks! Period.

Dan gw menyambut sodoran rokok emak gw. Gw pegang dengan dua jari dan... udah. Itu aja. Gw ga berhasil menyelipkan sebatang rokok A Mild itu di bibir gue. Sekeliling gw udah kedengeran sorakan om2 gw yang sebagian besar sorakannya mengece gw karena cemen abis. But, hey! 4 me, that stupid white thing is principal!

Cukup lama gw berusaha nyoba naro tu rokok di bibir gw. Trus ga lama kemudian gw denger emak gw ngomong dengan bahasa Jawa, "Wes,
cepetan rokok'en . Timbangane ibuk methuki awakmu ngrokok lho. Alamat tak kongkon ngrokok sak bungkus langsung lho yo! Kalah sepur!" Seketika itu jg gw terjengkang ketawa pingkel2.

OMG, gw bangga ma emak gw...

update: gw lupa untuk naro translate bahasa di atas :D (atas dasar protes temen2 jg sih :P)
"Udah, cepetan, ngerokok aja sekrg disini. Drpd nanti Ibu mergokin kamu ngerokok. Bakalan tak suruh ngisep langsung 12 batang sekali isep! Kalah deh kreta!"

6 comments:

Zee said...

same with me, benci bgt ma namanya rokok.
Gw bahkan sempet nyobain sekali,,,huek....ga ada enaknya ko.
binun....knapa bnyak orang doyan bgt ngrokok ya???

adHe said...

i like to smoke when i feel i want to...
emang ga enak rasa rokok...asem.. nyakitin lagi... yaa... kalo jarang2 y not....
lo coba aja M .....

seruuu..

Nish said...

Pertama ngisep lo pasti terheran-heran, di mana coba enaknya? Kenapa orang bisa kecanduan?
tapi.. ehm... tanya emak lo de dimana enaknya.. wakakak.

Nish said...

memang kalo yg komen bkn perokok ga ada enaknya tuh lintingan tembakau...tp lain lg kalo yg komen si perokok, palagi di tmpt dingin spt selecta...kalo ga ngerokok serasa hampa dunia...huekss...

Anonymous said...

gak ngerti hawa... :| artinya apa sih?

Anonymous said...

trus gimana? lo pingsan abis ngerokok gak? *merujuk gambar komik* hahahaaha